29 May 2018

10 Penyebab Toko Online Jarang Dapat Pembeli

Gratis! Kursus Digital Marketing Dasar. Learn more »

Punya banyak traffic belum tentu punya banyak pembeli. Bukan berarti traffic itu tidak penting, tapi untuk mendapatkan banyak pembeli banyak faktor lainnya yang harus anda perhatikan. Di artikel ini, saya kumpulkan 10 penyebab yang mungkin membuat toko online anda masih jarang dapat pembeli.

Berikut listnya:

1. UI/UX yang kurang baik

User interface dan user experience menjadi salah satu bagian penting dalam membuat website. Tugasnya membuat pengunjung nyaman dan betah saat mengunjungi website anda. Ada 4 bagian yang krusial terutama untuk website toko online yaitu menu navigasi, filtering, sorting, dan search. 4 bagian itu harus dipastikan mudah ditemukan dan nyaman digunakan.

2. Menentukan targeting iklan yang kurang tepat

Kalau anda mempromosikan toko online anda ke orang yang kurang tepat, jelas saja anda akan menghasilkan penjualan yang sedikit. Anda harus paham dulu target marketnya, anda akan menjual produk kepada siapa, apakah laki-laki atau perempuan, usia berapa, tinggal dimana, dll. Sehingga iklan anda hanya akan menargetkan orang dengan profil yang tepat.

3. Trafficnya sedikit

Untuk menghasilkan banyak penjualan, semuanya harus diawali dengan traffic yang banyak. Traffic artinya toko online anda punya banyak pengunjung. Ada banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke website, seperti: beriklan di facebook, google, youtube, website, gmail, dll.

4. Toko onlinenya tidak mobile-friendly

Apakah anda tahu kalau pengguna internet sudah lebih banyak menggunakan smartphone ketimbang komputer? Itu artinya toko online anda harus mobile-friendly (mudah dan bagus saat diakses di layar smartphone). Sayangnya, kalau toko online belum mobile-friendly anda bisa kehilangan banyak calon pembeli.

5. Calon pembeli tidak paham dengan benefit produk anda

Calon pembeli harus memahami apa saja benefit yang mereka akan dapatkan kalau membeli produk anda, dan apakah produk anda bisa memberikan solusi dari masalah yang mereka punya. Jadi pastikan informasi dan spesifikasi produk yang anda tulis cukup detail dan jelas.

6. Gambar produk tidak menarik

Gambar produk termasuk bagian yang sangat menentukan. Karena pembeli tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produknya, maka satu-satunya cara mereka merasakannya lewat gambar. Kualitas gambar harus bagus, bersih, dan memiliki background yang polos (putih atau abu-abu). Sebagai contohnya, anda bisa lihat gambar produk di website zalora.co.id

7. Tulisan anda tidak persuasive

Persuasive artinya tulisan anda bisa merayu dan mempengaruhi orang agar mau membeli produk anda. Buatlah informasi produk yang detail, nyaman dibaca, dan memberikan emosi kepada pembaca, sehingga mereka jadi ingin membeli produk anda secepatnya.

8. Call to action yang tidak jelas

Call to Action adalah perintah yang kita suruh kepada pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu seperti klik tombol add to cart, download, signup, dll. Kalau Call to Actionnya tidak jelas, pengunjung bisa bingung dan tidak tahu tindakan apa yang selanjutnya harus mereka lakukan.

9. Shipping costnya kemahalan

Sekarang sudah banyak toko online besar seperti amazon.com, aliexpress.com, dll menawarkan layanan free shipping. Mungkin anda juga bisa mempertimbangkan layanan ini, atau setidaknya anda memberikan pilihan biaya pengiriman yang murah.

10. Website anda kurang bisa dipercaya

Ada banyak cara yang bisa membuat calon pembeli jadi lebih percaya dengan toko online anda, seperti:
  • Kerjasama dengan pihak ke-3 untuk sistem keamanan, seperti Mastercard SecureCode, Verified by Visa, dll.
  • Tambahkan review dan kolom komentar.
  • Testimonial
  • Logo-logo client
  • Ada alamat kantor yang jelas dan kontak customer care.
  • Dan lain-lain

Gratis! Kursus Digital Marketing Dasar. Learn more »

Thank you sudah baca artikel ini ;)
Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar!

Renra Sedoya

Digital Marketer

No comments:

Post a Comment